Bagaimana cara menghindari resiko sengatan listrik atau kebakaran akibat arus listrik bocor?

Posted by Unix-electrical 04/06/2016 0 Comment(s) News,

Sering kita mendengar berita maraknya kebakaran akibat arus hubung singkat ataupun kadang mengalami sendiri tersengat listrik pada alat-alat elektronik rumah tangga. Ada beberapa macam sebab yang bisa mengakibatkan hal itu terjadi, namun semuanya disebabkan rendahnya proteksi jaringan yang terpasang.

 

RCCB (Residual Current Circuit Breaker) atau ELCB (Earth Leaked Circuit Breaker) adalah salah satu komponen proteksi terhadap bahaya arus bocor yang terjadi pada peralatan listrik atau instalasi listrik sehingga terhindar dari resiko tersengat listrik maupun bahaya lain seperti kebakaran yang mengakibatkan resiko fatal bagi manusia.

Memproteksi kebocoran arus pada maksimal 30mA yang merupakan batas aman manusia mampu menahan aliran listrik sehingga terhindar dari resiko yang fatal.

 

Schneider Electric, sebagai produsen komponen listrik internasional telah mengembangkan RCBO (Residual Current Circuit Breaker with Overload), dimana RCBO adalah ELCB namun dilengkapi dengan Overload, untuk proteksi beban lebih dan arus hubung singkat, sehingga fungsinya lebih lengkap, baik sebagai ELCB dan juga MCB. Rating Ampere RCBO Schneider Electric mulai dari 6A, 10A, 16A, 20A, 25A dan 32A. 

 

Yang perlu diperhatikan dalam memilih proteksi arus listrik :

- Rating Ampere yang sesuai dengan kebutuhan

- Produk memiliki sertifikat SNI

- Kapasitas pemutusan arus hubung singkat (kA) yang sesuai

 

Info dan datasheet : unixelectrical@gmail.com

Website : www.unix electrcal.com

Tags/penandaan: rcbo elcb mcb schneider

Leave a Comment