Starting Motor AC

Posted by Unix-electrical 03/06/2016 3 Comment(s) News,

Motor AC adalah sebuah mesin yang mengubah arus listrik AC menjadi energi mekanik berupa putaran melalui induksi magnetik. Cara gampang mengaktifkan Motor AC adalah dengan mengoneksikan ke sumber tegangan. Supplai Motor AC bisa tegangan 1 Phase atau 3 Phase. Namun cara ini akan menyulitkan untuk mengatur waktu On dan Off Motor sesuai dengan keinginan. Sistem proteksi motor juga dibutuhkan untuk melindungi motor dari beban lebih ataupun hubung singkat.

 

Untuk itu dibutuhkan sebuah rangkaian kontrol sederhana untuk mengontrol dan memproteksi motor dari bahaya terbakar. Untuk memudahkan starting motor, Shihlin Electric telah menyediakan Box Magnetic Contactor yang sudah dilengkapi tombol on-off sehingga rangkaian menjadi lebih sederhana.

 

Yang perlu diperhatikan dalam membuat rangkaian kontrol :

- Sumber tegangan 3P atau 1P

- Supplai tegangan koil Kontaktor harus sesuai dengan sumber tegangan

- Setting thermal overload relay dan NFB yang sesuai

- Menguji terlebih dulu rangkaian kontrol sebelum dikoneksikan ke Motor

 

Info dan datasheet Shihlin : unixelectrical@gmail.com

Website : www.unix-electrical.com

3 Comment(s)

Jack:
05/06/2016, 08:03:15 PM
Reply

Fantastic Article

John Doe:
05/06/2016, 08:03:38 PM
Reply

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Mauris a blandit elit. In vehicula quam nisl, eu auctor ipsum lobortis ac. Phasellus orci lacus, tempus vel nisi quis, sollicitudin condimentum purus.

Frank:
05/06/2016, 08:04:48 PM

Praesent purus nulla, rhoncus non mi non, luctus sagittis justo. Sed erat nisi, congue at faucibus vitae, condimentum in eros. Nam semper lobortis viverra

John Doe:
05/06/2016, 08:05:22 PM

Etiam pulvinar dapibus massa ut semper. Sed mollis ut quam ut fringilla. Sed posuere ullamcorper tortor vel malesuada. Vivamus rutrum ut sem et vehicula.

Vardy:
05/06/2016, 08:04:13 PM
Reply

Praesent purus nulla, rhoncus non mi non, luctus sagittis justo. Sed erat nisi, congue at faucibus vitae, condimentum in eros. Nam semper lobortis viverra

Leave a Comment