Mengenal AC Drive Inverter dalam Sistem Kontrol

Posted by Unix-electrical 04/06/2016 1 Comment(s) Tips,

AC Drive Inverter adalah sebuah alat yang digunakan untuk pengaturan kecepatan motor listrik AC. AC Drive Inverter juga biasa disebut adjustable speed drives (ASD) atau adjustable frequency drives (AFD) atau variable frequency drives (VFD) atau juga variable speed drives (VSD).

 

Motor Listrik AC pertama dirancang pada tahun 1899. Motor Listrik ini merubah energi listrik menjadi energi mekanik dengan cara induksi elektromagnetik. Karakteristik motor listrik adalah torsi yang tetap dan kecepatan yang juga tetap, dimana ditentukan oleh frekwensi tegangan supply listrik dari motor tersebut.

 

Permasalahannya, terkadang banyak Industri yang membutuhkan presisi kecepatan tertentu untuk operasional mesin produksi. Saat itulah dibutuhkan sebuah alat kontrol kecepatan yang biasa kita sebut Inverter. Sebagai contoh sederhana, Inverter dibutuhkan untuk pengaturan airflow sebuah kipas industri untuk mendapatkan lebih banyak udara dalam proses pembakaran yang lebih besar.

 

Prinsip dasar dari cara kerja Inverter adalah merubah frekwensi tegangan supply motor listrik sehingga kecepatan rpm motor juga akan berubah. Sebab di dalam motor listrik, putaran dihasilkan dari medan listrik yang terbentuk, dan bagian yang bergerak (rotor) akan mengikuti medan listrik yang berputar ini. Dengan demikian Inverter dapat mengatur kecepatan putar dari motor melalui setting frekwensi secara proposional. Semakin tinggi setting frekwensi maka semakin cepat motor berputar, demikian pula sebaliknya.

Dengan pemakaian Inverter dalam pengoperasian motor listrik AC, maka ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh, antara  lain :

- Putaran motor yang lebih lembut

- Kontrol akselerasi

- Pengaturan kecepatan motor yang bervariasi pada masing-masing proses produksi

- Memungkinkan pengaturan putaran lambat untuk proses pengaturan

- Setting kecepatan tetap sesuai kebutuhan

- Kontrol torsi motor

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami,

Email : unixelectrical@gmail.com

Website : www.unix-electrical.com

Tags/penandaan: inverter shihlin

1 Comment(s)

muara teknik elektrik:
19/04/2021, 03:42:53 AM, mtelektrik.id
Reply

numpang jualan ya min :)MUARA TEKNIK ELEKTRIK Transformator & Automation SystemKami Supplier Vfd Inverter dengan Merk EASYDRIVE,berikut type yang tersedia : - MINI-S 0.75 KW sampai dengan 1.5 KW 220Vac 1 Phase - Mini-L 0.75 KW sampai dengan 2.2 KW 380Vac 3 Phase - CV3100 0.75 KW sampai dengan 2.2 KW 220Vac 1 Phase - CV3100 0.75 KW sampai dengan 630 KW 380Vac 3 Phase - GT200 5.5 KW sampai dengan 280 KW 380Vac 3 PhaseGaransi 1 tahun. Gratis antar area Jabodetabek, Cikarang dan Karawang.Muara Teknik Elektrik Transformer & Automation System www.mtelektrik.id Saepul anwar, S.kom (Official Sales & Marketing) 0852-1552-5453 saepul@mtelektrik.id Office : Jl. Raya Narogong No.KM. 11, RT.002/RW.010, Bantargebang, Kota Bks, Jawa Barat 17151 Workshop : Kp. Ciketing RT. 001/002 kelurahan. Sumur batu, RT.004/RW.002, kecamatan, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat 17151

Leave a Comment


Warning: fwrite(): supplied resource is not a valid stream resource in /home/unixelec/domains/unix-electrical.com/public_html/system/library/log.php on line 10

Warning: fwrite(): supplied resource is not a valid stream resource in /home/unixelec/domains/unix-electrical.com/public_html/system/library/log.php on line 10